PayBox.me PayBox.me PasangIklanoketrik

Selasa, 12 Oktober 2010

Ilmuwan PBB: Lapisan Ozon akan Pulih


(
IST)
INILAH.COM, Jakarta – Jatuhnya 20 juta korban kanker kulit dan 130 juta penderita katarak bisa dihindari. Ilmuwan PBB yakin lapisan ozon tak lagi menyusut dan bisa pulih seperti sedia kala.
Pengurangan penggunaan zat pada kulkas dan aerosol berhasil menghentikan penyusutan lapisan ozon, menurut laporan baru PBB.
Mereka mengklaim usaha internasional melindungi lapisan ozon berhasil menghindarkan penyebaran kanker kulit di dunia.
Lapisan ozon di wilayah kutub akan kembali seperti semula sebelum 2048.
Ozon pada stratosfir sangat penting karena lapisan ini menyerap radiasi ultraviolet berbahaya dari matahari.
Laporan yang diterbitkan UNEP dan World Meteorological Organization (WMO) ini merupakan update lengkap pertama selama empat tahun terakhir di Konvensi Vienna untuk Perlindungan Lapisan Ozon dan Protokol Montreal mengenai pengurangan penggunaan kimia yang dapat mempercepat kerusakan lapisan ozon dan perubahan cuaca.
“Protokol ini melindungi lapisan ozon dengan mengurangi produksi dan konsumsi zat yang dapat merusak ozon,” ujar laporan itu.
Laporan itu ditulis oleh 300 ilmuwan dan diluncurkan di Hari Internasional PBB untuk Melindungi Lapisan Ozon. Pada 2010, protokol ini berhasil mengurangi zat perusak ozon di mana hasilnya lima kali lebih efektif dari Protokol Kyoto.
“Tanpa Protokol Montreal dan konvensi Vienna, zat perusak ozon akan meningkat sepuluh kali lipat sebelum 2050,” kata ilmuwan PBB Steiner.
“Protokol ini dapat mencegah 20 juta kasus kanker kulit dan 130 juta kasus mata katarak.”[ito]
 
 

0 komentar:

Posting Komentar