PayBox.me PayBox.me PasangIklanoketrik

Selasa, 02 November 2010

Sekilas Cerita Tentang Bangsa Maya di Masa Lampau

Bangsa Maya mengalami puncak kejayaan pada 250 M- 900 M. Namun untuk suatu alasan yang masih diperdebatkan, bangsa Maya pada abad ke-9 dan ke-10 tiba - tiba mengalami kehancuran. Mereka meninggalkan kota- kota besarnya dan bersembunyi ke hutan - hutan. Mereka seperti menghindari sesuatu

Dalam suati inskripsi monumen di Yucatan, ada mural yang dipahat pendeta Suku Maya. Artinya "Kegelapan Malam" telah mendatangi mereka, dan "Devour Their Soul". Arti dari inskripsi itu telah menjadi perdebatan dikalangan arkeolog.  Mereka ada yang mengartikan inskripsi itu sebagai natural disaster, dan ada pula yang mengartikannya sebagai human intervene of non natural disaster.

Dalam hal astronomi, bangsa Maya memiliki pengetahuan mengenai Orion, bahkan sebelum teleskop ditemukan. Mereka tidak hanya tahu mengenai konstelasi bintang ORion, tetapi juga mengetahui dengan ketepatan luar biasa  (berbda 1/70 derajat dari perhitungan modern) mengenai posisi konstelasi dan Orion nebula. Sesuatu yang menuarut para ahli sangay membingungkan karena dibutuhkan teleskop dan metode pengamatan yang cukup canggih di abad ke-19 untuk dapat membuahkan hal yang sama. Objek terpenting bagi bangsa Maya bukanlah Matahari, melainkan Venus.


Ilmuwan - ilmuwan di Kutub Selatan yang meneliti es bumi, yang mengebor es hingga kedalaman 2km, menemukan bahwa dalam waktu 10 ribu tahun terakhir bumi ini memanas, dan sekarang kita ada di puncak masa itu. Menurut hasil yang mereka temukan, Bumi sudah mengalami 4 kali siklus "panas-dingin" ini.
Mereka menemukan bahwa Kutub Selatan pernah memiliki vegetasi sekitar 40 ribu tahun lalu.

Ini memberi sedikit bukti pada teori bahwa Kutub Selatan magnetik bumi dahulu bukan berada di Kutub Selatan sekarang, dan ada kemungkinan kutub Bumi akan bergeser lagi nantinya, dan menyebabkan perubahan iklim ekstrem secara Global

0 komentar:

Posting Komentar