Di jaman sekarang, banyak orang
bekerja sangat keras hingga lupa untuk beristirahat, terutama untuk
pekerja kantoran. Karena kebiasaan bekerja keras di kantor,
seseorang bisa terus merasa sibuk, meski telah tiba di rumah. tanpa
disadari, Anda mungkin bekerja lebih keras dan lebih lama demi
mencapai keberhasilan.
Namun anda tentu tahu bahwa bekerja terlalu keras dapat
membahayakan kesehatan. Hasil jerih payah yang diperoleh dari
pekerjaan yang kita lakukan bisa habis seketika, jika mengalami
sakit akibat terlalu lelah bekerja.
Para pecandu kerja, seringkali melakukan hal-hal buruk yang membuat
kesehatan mereka kian menurun dari hari ke hari. Berikut tujuh
kebiasaan buruk bagi si ‘workaholic’, yang harus segera dihilangkan:
1. Lupa untuk bersantai
Ini bisa menyebabkan stres. Padahal jika meluangkan waktu untuk
bersantai sejenak, Anda bisa lebih waspada dan termotivasi. Terlalu
banyak tekanan atau stres kronis justru membuat seseorang tidak
produktif.
2. Makan di perjalanan
Antara rapat, panggilan konferensi, dan tenggat waktu, sering membuat
seseorang lupa untuk meluangkan waktu makan siang yang sehat.
Mengonsumsi makanan pun perlu dalam keadaan tenang tanpa dirundung rasa
cemas dan tergesa-gesa. Ini penting agar kandungan gizi dari
makanan yang dikonsumsi mudah diserap tubuh dan menjadikan
seseorang lebih produktif, terutama untuk menciptakan ide cemerlang
demi hasil pekerjaan yang baik.
3. Menunda tidur untuk pekerjaan
Seorang profesional yang super sibuk pun tetap butuh istirahat
sebanyak tujuh sampai sembilan jam tidur setiap malam. Kehilangan
waktu tidur dapat menyebabkan iritabilitas, kesulitan
berkonsentrasi, dan masalah memori. Hal ini juga bisa dikaitkan
dengan obesitas.
4. Tidak ada waktu untuk berolahraga
Melakukan olah raga minimal 30 menit setiap hari sangat penting untuk kesehatan saat ini dan jangka panjang Anda.
5. Tetap bekerja ketika sakit
Banyak orang datang ke kantor untuk bekerja walaupun sedang sakit.
Namun, ada tiga alasan penting saat sakit Anda perlu tetap di rumah.
Pertama, tak seorang pun ingin Anda menjadi penyebar kuman dan
penyakit di kantor. Kedua, Anda sudah pasti jadi kurang produktif
dan ketiga, Anda perlu istirahat agar bekerja lebih baik.
6. Minum alkohol (terlalu banyak)
Minum berlebihan dapat menyebabkan alkoholisme, penyakit hati, dan beberapa bentuk kanker.
7. Melewatkan pemeriksaan kesehatan rutin tahunan
Hal ini wajib Anda lakukan untuk mendeteksi penyakit sejak dini,
mencegah orang lain mengembangkan penyakit, dan mendapatkan perawatan
yang terbaik jika Anda memiliki kondisi tubuh yang rentan terhadap
penyakit. Anda perlu tahu apa yang terjadi dalam tubuh.
unikboss
Jumat, 22 Oktober 2010
7 Kebiasaan Buruk Pekerja Keras
07.06
Maju Mundur
0 komentar:
Posting Komentar